Selasa, 15 Desember 2009

0 komentar 19.26

[info] Gambar Bitmap VS Vektor

Posted by Ruru -
Masih soal info~ sama halnya dengan post sebelumnya~
ini di dapet dari googling diseluruh tempat xD dan saia dengan pintarnya lupa ngesave linknya~
jadi tolong maap kan saia xD
credits selalu untuh mbah Google~ :D

-------------------

Gambar Bitmap ( Raster )

Pengertian

Gambar yang dibuat dari kumpulan-kumpulan titik yang disebut pixel. Pixel - pixel ini berbeda pada posisi tertentu dengan warna masing - masing sehingga membentuk sebuah gambar. Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin halus dan realistik gambar tersebut.

Gambar bitmap adalah medium elektronik yang paling sering digunakan untuk merepresentasikan gambar continuous tone, seperti gambar foto atau ilustrasi yang dibuat secara digital. Disebut continuous tonearena gambar-gambar tersebut dianggap dapat memunculkan kembali gradasi bayangan yang halus. Gambar - gambar bitmap sangat tergantung pada kerapatan dan jumlah pixel (resolusi), oleh karena itu gambar bitmap berisikan pixel dalam jumlah tertentu.

Jenis Gambar Bitmap

1. Line-art
Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, biasanya hitam dan putih. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit (warna hitam yang membentuk gambar, warna putih sebagai latar) untuk mendefinisikan masing-masing pixel-nya.

2. Grayscale Images
Yang terdiri dari bermacam warna abu-abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.

3. Multitones

Terdiri dari dua warna atau lebih. Gambar multitones yang biasa digunakan adalah duotones, yang biasanya terdiri dari paduan warna hitam dengan warna khusus (Pantone colour).

4. Full Colour Images

Merupakan gambar yang memiliki warna yang tampak realistis. Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis-jenis standar warna seperti RGB, CMYK atau Lab.

Format File yang digunakan untuk Data Bitmap

Gambar dengan format data bitmap dapat disimpan dalam berbagai macam format file, antara lain:

  • BMP; format file yang terbatas, tidak cocok digunakan untuk cetak
  • EPS; format file yang fleksibel, yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor
  • GIF; biasanya digunakan untuk grafis-grafis di internet
  • JPEG; atau juga format file JFIF, biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman gambar yang dapat mempengaruhi bobot file
  • PICT; format file yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor, tetapi biasanya file ini hanya digunakan oleh komputer Macintosh dan tidak terlalu cocok untuk cetak
  • TIFF; merupakan format file bitmap yang paling populer untuk cetak

Gambar Vektor

Pengertian

Gambar vektor dibentuk dari sekumpulan garis lurus dan garis lengkung yang diperoleh dari definisi matematika aljabar linier atau geometri yang disebut vektor. Vektor ini menggambarkan kembali sebuah gambar sesuai dengan perhitungan geometri.

Gambar vektor biasanya memiliki bobot file yang cukup kecil karena hanya berisi data mengenai bezier curves yang membentuk sebuah gambar. Format file EPS seringkali digunakan untuk menyimpan gambar vektor yang dapat memberikan penampilan gambar bitmap (bitmap preview image) dalam data bezier. Bobot file dari gambar penampilan biasanya lebih besar dari data bezier-nya sendiri.

Contoh gambar vector

vektor.gif

Format File yang digunakan untuk Data Vektor

Secara umum data vektor dapat disimpan dalam format file:

  • EPS : format file yang paling populer untuk menyimpan gambar vektor walaupun format EPS juga dapat berisi data bitmap.
  • PDF : format file yang cukup serbaguna, yang dapat berisi data apa saja termasuk halaman-halaman lengkap
  • PICT : format file yang dapat berisi data bitmap maupun vektor, tetapi biasanya hanya dapat digunakan oleh komputer macintosh.

Daftar Pustaka

ü www.googl.com

ü Forum Photoshop Indonesia

ü http://www.kamusilmiah.com/it/bitmap-vs-vector/


0 komentar:

Poskan Komentar